Sabtu, 25 Juni 2016

Langkah Yang Harus Di Lakukan Sebelum Dan Sesudah Membuat Blog

Langkah Yang Harus Di Lakukan Sebelum Dan Sesudah Membuat Blog

Pada postingan kali ini saya akan share untuk sobat semua tentang langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum dan sesudah membuat sebuah blog.

 Bagaimana menarik?

Jika Anda sudah mengetahui sebelumnya tentang cara-cara membuat blog. Nah, sekarang saya akan mengajarkan Anda tentang langkah-langkah tepat yang harus dilakukan sebelum dan sesudah membuat sebuah blog.

Sekadar cerita nih,..Saya awalnya pernah salah langkah dalam membangun sebuah blog. Ini mengakibatkan, saya harus menghapus akun Google tersebut.

Dan untuk itulah postingan ini saya buat. Ini bertujuan, supaya Anda tidak salah langkah dalam membangun sebuah blog. Banyak langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebelum Anda membangun sebuah blog.

Langkah Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Blog

Sebelum kita mulai. Siapkan terlebih dahulu secangkir teh dan cemilan untuk menemani Anda membaca artikel ini. Haha...

Mari kita mulai...

1. Tentukan Topik Blog Anda

Hal pertama yang perlu kita lakukan ketika akan membangun sebuah blog adalah menentukan topik blog kita. Topik sebuah blog tentu akan sangat mempengaruhi konten blog tersebut. Jika blog Anda bertopik seputar teknologi tentu saja artikel-artikelnya membahas tentang teknologi.

Untuk menentukan topik sebuah blog. Disini saya menyarankan Anda untuk fokus pada satu topik saja.
"Mengapa harus fokus pada satu topik saja?"
Karena blog yang memiliki banyak topik akan susah untuk berkembang. Jika Anda membuat sebuah blog dengan topik campur-campur seperti tekno, tips liburan dan lain-lainnya. Mana duluan yang harus Anda buat?

Apakah tekno dulu atau yang lainnya.

Sulit bukan.

Blog yang hanya membahas satu topik disebut Niche blog. Sedangkan blog yang membahas bermacam-macam topik disebut blog gado-gado.

Dengan membangun blog yang fokus disatu topik, kita bisa menjadikan blog kita menjadi blog otoritas orang-orang.

Contoh: Jika blog Anda memilki topik seputar dunia blog. Jadi, tak heran ketika orang-orang menyari info tentang blog dan ingat nama domain Anda. Mereka akan berkunjung dan menjadi pembaca dari blog Anda tersebut.

2. Menulis Artikel Blog Anda

Jika Anda sudah menentukan topik blog Anda. Sekarang Anda tinggal menulis artikel yang berkaitan dengan topik blog Anda tadi.

Memang sih, profesi seorang blogger itu pasti tidak jauh dengan yang namanya menulis artikel.

Mengapa?

Karena konten sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah artikel. Dalam menulis blog, harus dipastikan tulisan-tulisan Anda itu enak dibaca dan juga rapi tentunya. Sebelum Anda menulis sebuah artikel, Anda harus paham dulu apa yang Anda tulis.

Contoh: Anda jago diphotoshop, Anda bisa membagikan cara-caranya diblog Anda.

3. Perbanyak Konten Berkualitas Diblog Anda

Jika Anda sudah membuat artikel yang menurut Anda super duper berkualitas, hal yang harus lakukan selanjutnya adalah memperbanyak konten tersebut.

Semakin banyak konten yang berkualitas yang ada diblog Anda, itu akan membuat Anda untuk mudah masuk kehalaman pertama Google. Jadi, Google/mesin telusur hanya menampilkan konten-konten yang berkualitas saja dihalaman pertamannya.

Jadi tugas kita sebagai blogger adalah membuat konten-konten yang berkualitas, yang dibutuhkan oleh pembaca dan memperbanyak konten berkualitas tersebut.

4. Mempercantik Blog

Jika semua sudah Anda siapkan, membuat artikel sudah, konten berkulitas sudah. Sekarang tinggal Anda mempercantik blog Anda tersebut.

Memang sih...

Mempercantik blog itu tidak terlalu penting. Tapi, gak ada salahnya jika kita mempercantik blog kita biar menarik dimata pembaca/pengunjung. Gunaklah widget yang hanya diperlukan dan hapus widget yang tidak dibutuhkan.

5. Dan Lain-Lain...


Langkah Yang Harus Dilakukan Sesudah Membuat Blog

Jika langkah-langkah diatas sudah Anda terapkan, sekarang Anda tinggal melakukan langkah-langkah selanjutnya.

Mari disimak ya...

1. SEO

SEO atau search engine optimization adalah serangkaian teknik yang dilakukan agar blog/website dapat dengan mudah ditemukan oleh pencari informasi melalui Search Engine.

Banyak orang yang bilang SEO itu menjebak. Tetapi, banyak juga orang yang mengatakan SEO itu penting.

Gak tahulah, yang penting kita ikut-ikut aja...

Anda tidak perlu menerapkan SEO tingkat dewa untuk bisa tampil dihalaman pertama Google. Menurut saya, teknik SEO basic dan On-Page saja sudah cukup untuk bisa tampil dihalaman Google dan menjangkau pengunjung dari mesin pencari.

Jadi tidak ada salahnya kita menerapkan teknik SEO diblog kita.

2. Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan berkunjung keblog lain atau blog-blog tetangga sambil meninggalkan komentar diblognya. Blogwalking ini adalah cara yang sangat efektif digunakan oleh blogger-blogger pemula untuk mendapatkan pengujung.

Selain mendapatkan pengunjung, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari blogwalking, diantaranya:
  • Kita dapat memperkenalkan blog kita.
  • Mendapatkan Backlink.
  • Menjalin ikatan silatuhrahmi sesama blogger.
  • Dan masih banyak lagi.
3. Promosi Ke Sosial Media

Sosial media seperti Facebook, Twitter, G+ dan lain-lain akan sanagat berguna sekali untuk kepentingan blog/website kita. Selain dapat memperkenalkan blog kita ke pengguna sosial media, kita juga dapat mendapatkan pengunjung.

Ini merupakan alternatif lain dalam mendatangkan pengunjung dari mesin pencari. Jadi, manfaatkanlah sosial media sebaik-baiknya sebagai kegiatan promosi untuk blog Anda.

Salam Penutup...

Demikianlah pembahasan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum dan sesudah membuat blog baru, Lakukanlah langkah-langkah diatas dengan sebaik-baiknya, semoga bermanfaat.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kesemua orang...Terima Kasih.

Happy Blogger ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar