Kamis, 16 Juni 2016

Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

"Apa...cara menghasilkan uang dari blog?"

"Emang bisa...?"

Pasti temen-temen semua sering bertanya demikian, sebenarnya menghasilkan uang dari blog itu memang bisa dan sudah terbukti.

Jika anda seorang blogger, pasti anda sudah mengenal dengan sosok eka lesmana. Ya, eka lesmana adalah seorang angon bebek yang sukses berkat blog yang ia kelola.

"Laluu...berapa penghasilan eka lesmana?"

Menurut dari info yang saya baca, eka lesmana memiliki penghasilan sebesar 100 Juta per bulan.

Woow, jumlah yang sangat fanstastis...

Bukan hanya eka lesmana, ternyata banyak blogger-blogger di luar sana yang lebih sukses darinya. Coba kalian bayangkan, hanya mengandalkan sebuah laptop dan koneksi internet, mereka bisa menghasilkan puluhan sampai jutaan rupiah hanya dari blog gratisan.

Mengapa demikian...

Karena, selain dapat menulis artikel, kita juga dapat berbisnis melalui blog. 

Langkah-Langkah Menghasilkan Uang Dari Blog

Sebelum anda mempelajari tentang cara-cara menghasilkan uang dari blog, anda harus tahu dulu langkah-langkah:

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tentukan Topik Blog Anda

Hal pertama yang perlu kita lakukan ketika akan membangun sebuah blog adalah menentukan topik blog kita. Topik blog berarti tema blog kita. Contoh: blog seperti Mixabay.Blogspot.com, blog ini bertopik seputar dunia blog.

Topik blog akan sangat mempengaruhi konten suatu blog tersebut. Jika anda memiliki blog seputar dunia internet, tentu saja artikel-artikelnya berisi tentang dunia internet.

Jika anda ingin serius dalam membangun sebuah blog. Saya sarankan untuk fokus pada satu topik. Blog yang memiliki banyak topik biasa disebut dengan blog gado-gado.

Blog yang hanya membahas satu topik disebut dengan niche blog.

2. Menulis Artikel Pertama Anda

Jika berbicara tentang blog, pasti tidak akan jauh dengan yang namanya menulis artikel.

Mengapa...?

Karena konten sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah artikel. Memang pada intinya setiap blog kontennya pasti berupa tulisan/artikel.

Jika anda tidak mau repot-repot untuk menulis artikel, anda bisa kok membayar orang untuk menuliskan artikel blog anda. Anda tinggal menyiapkan uang untuk membayar orang tersebut.

Tetapi...

Saya tidak menyarankan anda membayar jasa penulisan artikel. Jika anda ingin menjadi blogger profesional, anda harus pandai menulis. Lebih baik anda menulis artikel di blog anda dengan tulisan-tulisan anda sendiri.

3. Rencanakan Blog Anda

Agar bisa lebih profesional lagi dalam membangun blog, kita perlu membuat yang namanya perencanaan. Seorang blogger yang produktif selalu punya perencanaan mengenai apa saja yang ingin ia tulis, berapa banyak artikel yang ingin ia tulis dan berapa artikel yang ia buat dalam seminggu.

Supaya lebih mudah, rencanakanlah dari sekarang, anda ingin membuat berapa artikel yang ingin anda publikasikan dalam satu minggu. Seperti contoh, anda ingin mempublikasikan artikel di blog anda 3 kali dalam seminggu.

Sesuaikan target dengan waktu yang anda miliki, jika anda memiliki waktu senggang hari kamis, jum'at dan sabtu. Nah, gunakanlah ketiga hari itu untuk menjadi waktu anda mengurus blog.

4. Buatlah Artikel Yang Menarik Di Blog Anda

Pasti setiap blogger, ingin blognya dilihat dan disukai oleh para pembaca. Menurut info yang saya baca, tulisan yang bagus dan menarik itu memiliki 3 unsur, yaitu menghibur, berguna dan mencerahkan.

Jika kalian ingin menjadi penulis yang baik, maka harus mengupayakan ketiga unsur tadi. Perbanyaklah membuat artikel yang menarik diblog, jika artikel anda menarik di baca. Itu akan membuat blog anda disukai oleh para pengunjung/pembaca.

5. Perbanyak Artikel Berkualitas Diblog Anda

Perbanyaklah artikel berkualitas diblog anda. Semakin banyak artikel diblog anda semakin bagus. Tetapi tentu saja tidak sembarang artikel. Artikel yang anda buat haruslah artikel yang bagus dan juga berkualitas.

Semakin banyak artikel berkualitas diblog anda, maka akan semakin pula di mata mesin pencari. Maka blog anda akan semakin akrab dengan mesin pencari. Dengan demikian, blog anda akan dikenal sebagai blog yang memiliki konten berkualitas.

Dan mesin pencari akan lebih mudah menampilkan blog anda dihalaman pertamanya.

Bermanfaat bukan...

6. Menentukan Bisnis Yang Tepat Untuk Blog Kita

Dan yang terakhir adalah menentukan bisnis yang tepat untuk blog kita. Jika kita sudah berhasil dalam membangun sebuah blog. Tentu kita juga bisa memanfaatkannya sebagai penghasil uang.

Ada banyak sekali bisnis-bisnis untuk blog kita. Seperti apa sajakah bisnis-bisnisnya?

Mari disimak ya...

Berikut Cara Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Menghasilkan Uang Dari Blog

Ada beragam cara untuk menghasilkan uang dari blog. Berikut adalah cara-caranya:

1. Menjual Produk Sendiri

Cara yang paling sederhana dan paling umum dilakukan oleh para blogger adalah menjual produk sendiri. Jika anda memiliki barang seperti HP android, anda bisa kok menjualnya di blog anda. Tetapi, jika anda ingin menjual barang, pastikan bahwa barang tersebut, sesuai dengan topik blog kita.

Jika anda ingin lebih tahu seperti apa sih jualan online itu?. anda bisa melihat ditoko online terkenal di indonesia, seperti Bukalapak dan Tokopedia.

2. Membantu Menjualkan Produk Orang Lain

Untuk berjualan diinternet, kita tidak harus menjual produk sendiri, kita juga bisa berjualan online dengan cara membantu menjual produk orang lain. Disini kita hanya bertugas untuk membantu pemasaran produk-produk orang lain.

Ketika kita berhasil menjual produk tadi, maka kita akan mendapatkan komisi. Kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, kita hanya memasangkan produk-produk mereka dan menyertakan nomor telepon si penjual tadi.

Bagaimana asyik bukan?

3. Menjual Jasa

Kita juga bisa menghasilkan uang dari blog dengan cara menjual jasa.

"Jasa seperti apa...?"

Jasa  apa saja, seperti:
  • Jasa penulisan artikel
  • Jasa SEO blog
  • Jasa backlink
  • DLL
Jika anda pandai dalam menulis artikel diblog, anda dapat menjual kepandaian anda itu, jika orang ingin mencari jasa penulisan artikel, maka anda bisa menjadi penulis artikel dari blog mereka dan anda akan mendapatkan uang.

4. Pasang Iklan

Kita juga bisa mendapatkan uang dari iklan diblog, Jadi, kita nanti akan membuat sebuah blog dan didalam blog tersebut kita sediakan ruang untuk beriklan. Nah orang-orang yang mau beriklan kelak akan membayar biaya iklan diblog kita.

Dan dari sanalah kita bisa mendapatkan uang. Ada dua macam model periklanan yang banyak dipakai oleh blogger saat ini. Dua macam model periklanan itu adalah:
  • Model iklan PPC, dan
  • Model iklan sponsorhip
"Lalu...apa bedanya?"

Model Iklan PPC

PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, PPC adalah sebuah program periklanan dimana pemasang iklan cukup membayar biaya iklan tadi berdasarkan jumlah klik yang terjadi pada iklan mereka.

Periklanan PPC ini sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para blogger.

Kita tentu juga bisa menghasilkan uang dari PPC

"Bagaimana caranya...?"

Kita cukup bergabung dengan website penyedia layanan PPC. Nah, setelah kita bergabung/mendaftar dengan PPC tadi, maka kita berhak menampilkan iklan tadi diblog kita. Nanti pihak web PPC tadi memberikan kode berupa HTML/Javasript dan kita lalu memasangnya dengan widget yang sudah tersedia di blog.

Layanan periklanan PPC yang paling terkenal adalah Google AdSense. Sebab:
  1. Mudah digunakan
  2. Dapat dipercaya karena dikelola oleh Google sendiri
  3. Banyak digunakan oleh blogger
  4. DLL
Jika anda ingin menghasilkan uang dari iklan PPC anda bisa langsung mendaftarnya di Google AdSense.

Model Iklan Sponsorhip

Iklan Sponsorhip adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk atau layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Iklan Sponsorhip adalah strategi alternatif dalam menghasilkan uang dari blog.

Karena dianggap lebih efektif dari pada pemasaran iklan berbentuk banner. Adapun kelebihan dan kekurangan dari model iklan sponsorhip ini.

Kelebihan: Lebih efektif karena tidak melakukan promosi lagi.

Kekurangan: Para pemasang iklan harus memerlukan biaya cukup besar untuk memasang iklan tersebut.

5. Jualan Blog

"Jualan blog...emang bisa?"

Berjualan blog itu memang BISA. Akan tetapi, blog yang anda kelola harus berkualitas dan memiliki banyak pengunjung/pembaca. Jadi, jika orang mau membeli blog anda, anda tinggal dapat menjualnya dan anda akan mendapatkan uang.

"Berapa uang yang bisa kita dapat?"

Itu tergantung, jika blog sobat itu bagus dan keren, anda bisa menjualnya dengan tarif tinggi. Jual beli blog ini banyak terjadi diluar negeri.

Bagaimana sobat, anda ingin memilih apa untuk blog anda?

Itu tergantung dengan keinginan kalian...

Demkianlah pembahasan tentang cara mudah menghasilkan uang dari blog untuk pemula. Semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke temen-temen lainnya.

Happy Blogger...^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar